loading...

Cara Instal Dual Sistem Operasi Windows

instalasi-windows7-dan-windows8
Dual Sistem Operasi




Cara Instal Dual Sistem Operasi Windows - Ya, mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengenai komputer dual OS, bagaimana bisa begitu? simak baik-baik artikel di bawah ini. Sebelum instalasi komputer/laptop dual sistem operasi, alangkah baiknya harddisk anda dibagi menjadi 3 atau 4 partisi. Karena komputer dual sistem operasi memerlukan beberapa drive untuk instalasi.

Ada beberapa hal yang perlu anda pahami, yaitu :
  1. Kita harus menggunakan PC/laptop dengan spesifikasi komputer yang memenuhi syarat instalasi windows untuk versi terbaru dan bisa install dual OS. Anda pasti mengerti dengan point nomor 1.
  2. Membagi Harddisk menjadi beberapa partisi seperti yang sudah saya katakan diatas. Biasanya OS yang utama sudah terinstal di drive C: maka anda bisa menggunakan drive D: untuk instalasi OS ke 2. Kita atur volume kedua drive harus sesuai dengan ketentuan space minimum harddisk untuk instalasi. Misalkan drive C: 100 GB dan drive D: 100 GB
  3. Jenis file sistem harus sama untuk ke-2 drive anda (NTFS).
  4. Secara umum, jika kita menginstal dual windows, biasanya OS pertama sebaiknya windows versi lebih lama dari OS kedua, yang akan kita pasang.
Jika anda belum mengerti tentang cara instalasi sistem operasi windows, anda bisa membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya yaitu : Cara Instal Sistem Operasi Windows 7 dan Cara Instal Sistem Operasi Windows 8.

Langkah-langkah instalasi dual Sistem Operasi Windows :
  1. Masukkan CD OS windows anda di CD Room
  2. Masuk ke Bios Setup, dengan tekan tombol delete atau F2 tergantung motherboard masing-masing saat PC mulai menyala/restart.
  3. Atur setting first bootnya menggunakan CD Room, lalu simpan setting.
  4. Exit dan restart komputer, selanjutya PC akan booting dengan media drive CD master windows anda, dan jika tampil pesan “press any key booting from cd…", tekan sembarang tombol pada keyboard.
  5. Pilih drive installasi windows di drive C:
  6. Selanjutnya, silakan ikuti proses instalasi hingga selesai seperti prosedur Windows anda.
  7. Pastikan instalasi windows selesai dan siap menuju langkah berikutnya. 
Menginstal Windows ke-2 ( Pada Drive D: ) :
  1. Masukkan CD master OS Windows .
  2. Lalu masuk ke BIOS Setup, seperti langkah yang di atas
  3. Atur setting first boot ke CD ROM.
  4. Kemudian simpan setting BIOS anda, lalu exit dan restart .
  5. Tunggu hingga PC booting menggunakan media drive CD master, dan tekan sembarang tombol pada keyboard, jika tampil pesan “press any key booting from CD…"
  6. Pilih drive instalasi windows di drive D:
  7. Silakan ikuti proses instalasi hingga selesai dan sukses di instal. 
Nah, setelah 2 OS windows berhasil diinstal, maka akan muncul 2 pilihan windows versi mana yang akan anda gunakan/pakai atau kita jalankan. Pilihan akan muncul pada saat PC booting/dinyalakan.

Demikianlah artikel tentang Cara Instal Dual Sistem Operasi Windows, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

0 Response to "Cara Instal Dual Sistem Operasi Windows"

Posting Komentar

Visitor Statistic

Pengikut